4 Alasan Anjing Menjulurkan Lidah, dari Sakit hingga Bahagia

4-alasan-anjing-menjulurkan-lidah-dari-sakit-hingga-bahagia

4 Alasan Anjing Menjulurkan Lidah, dari Sakit hingga Bahagia – Anjing sering sekali terlihat tengah mengeluarkan lidah. Entah kala berlari, usai mencium pemiliknya, atau kala makan dan minum. Terkadang mereka cuma menjulurkan sedikit, tetapi di lain kala seluruh lidah terlihat berasal dari segi mulut. Perilaku sering menjulurkan lidah ini sesungguhnya aneh sekaligus menggemaskan. Meski prilaku ini tidak berbahaya, sesungguhnya kala anjing menjulurkan lidah terhitung mampu jadi sinyal tentang masalah kesehatannya.

4 Alasan Anjing Menjulurkan Lidah, dari Sakit hingga Bahagia

4-alasan-anjing-menjulurkan-lidah-dari-sakit-hingga-bahagia

callsurvey.org – berikut empat alasan kenapa anjing Anda sering menjulurkan lidah. 1. Hanging Tongue Syndrome atau Sindrom Lidah Gantung Persis seperti namanya, sindrom lidah gantung atau hanging tongue syndrome adalah situasi kala lidah anjing menjulur terlihat berasal dari mulutnya. Ini bukan pertanda ada masalah lain. Ini adalah situasi yang condong dialami ras anjing kecil dan brachycephalic seperti Pugs, karena aspek genetik. Lidah mereka barangkali terlampau besar untuk rongga mulut atau sistem tumbuh kembang memicu tulang rahang abnormal yang tidak menolong lidah bersama dengan baik. Jika anjing Anda mengalami overbite atau underbite, mereka barangkali mengalami situasi ini, terlebih bersamaan pertambahan usia. Genetika bukan salah satu penyebab sindrom lidah gantung pada anjing. Sebagai contoh, penyakit gigi yang kritis mampu memicu pembusukan pada gigi bawah. Saat gigi yang sakit ini tanggal atau dicabut, tidak ada penyangga lidah, jadi lidahnya dapat terlihat begitu saja dan menggantung ke samping atau ke depan. Untungnya, anjing yang miliki sindrom ini senantiasa mampu hidup bersama dengan suka dan sehat, tanpa mengalami masalah yang parah. Namun, Anda mesti memeriksakan situasi selanjutnya ke dokter hewan, karena sebagian kanker mulut terhitung mampu memicu lidah menggantung.

Baca Juga : 6 Fakta Unik Kepulauan Seribu, Ternyata Punya Monas Sendiri

Masalah bersama dengan sindrom lidah gantung Masalah utama yang mampu terlihat berasal dari sindrom lidah gantung adalah lidah yang jadi terlampau kering. Bayangkan bagaimana rasanya kala bibir Anda pecah-pecah dan tidak ada lip balm atau pelembab bibir. Sekarang bayangkan hal selanjutnya berlangsung di lidah. Nah, hal itulah yang barangkali mesti dirasakan anjing. Jika anjing Anda mengalami situasi ini, waspadai pembengkakan, pendarahan, atau retakan pada lidah dan dapatkan bantuan dokter hewan. Apa yang mesti dilakukan? Jika anjing Anda mengalami sindrom lidah gantung, pastikan mereka minum banyak air dan warna lidah serta gusinya sama. Pasalnya, anjing bersama dengan sindrom ini terhitung rentan pada infeksi dan apalagi radang karena iklim yang lebih dingin. Perubahan warna pada lidah dan gusi mampu jadi sinyal infeksi dan mesti langsung didiskusikan bersama dengan dokter hewan. Kemunculan tiba-tiba sindrom ini dikombinasikan bersama dengan prilaku aneh mampu jadi pertanda ada masalah neurologis. Jika ini berlangsung pada anjing Anda, konsultasikan bersama dengan dokter hewan Anda secepatnya untuk menegaskan tidak ada yang terlampau serius.

2. Reaksi obat Masuknya obat baru ke dalam sistem tubuh anak anjing Anda mampu jadi penyebab lidahnya menjulur keluar. Jika anjing Anda baru saja diberi obat baru dan perlihatkan gejala ini atau formalitas baru lainnya, konsultasikan bersama dengan dokter hewan untuk menegaskan bahwa obat yang diresepkan pas dan aman untuk anjing. 3. Terengah-engah Saat kelelahan, manusia mengeluarkan keringat untuk mendinginkan suhu badan. Pada anjing, mereka tidak mengeluarkan keringat tetapi menjulurkan lidah. Kedua respons ini berguna untuk mendinginkan tubuh, dan cara kerjanya sesungguhnya sama yaitu penguapan. Napas pendek dan lidah menjulur menolong air menguap berasal dari lidah dan saluran pernapasan bagian atas anjing. Penguapan itu menolong anjing Anda jadi dingin. Jika anjing Anda terengah-engah sehabis berlari atau bermain kemudian menjulurkan lidahnya, usahakan untuk menempatkannya di tempat yang sejuk dan kurangi kegiatan fisiknya sebentar. Pastikan mereka minum banyak air. Jika terengah-engah berlanjut untuk kala yang lama apalagi sehabis anjing Anda nampak udah dingin, barangkali ini saatnya untuk pergi ke dokter hewan untuk berjaga-jaga.

4. Bersantai Kabar baiknya, sering kadang alidah yang menjulur terlihat bukanlah pertanda masalah apa pun pada anjing. Terkadang lidah menjulur untuk kala yang lama adalah sinyal relaksasi murni. Jika anjing Anda baru saja makan makanan yang lezat, bermain sepuasnya, atau berbaring di samping Anda bersama dengan lidahnya menjulur sebentar, itu mampu bermakna bahwa mereka tengah dalam situasi bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *