4 Fakta Unik Imlek, dari Legenda Nian hingga Pertunjukan Barongsai

4-fakta-unik-imlek-dari-legenda-nian-hingga-pertunjukan-barongsai

4 Fakta Unik Imlek, dari Legenda Nian hingga Pertunjukan Barongsai – Imlek jadi momen istimewa untuk masyarakat Tionghoa di semua dunia. Momen tersebut jadi perayaan untuk menyongsong Tahun Baru berdasarkan kalender China. Tahun 2021, Imlek jatuh terhadap hari ini, Jumat (12/2).

4 Fakta Unik Imlek, dari Legenda Nian hingga Pertunjukan Barongsai

4-fakta-unik-imlek-dari-legenda-nian-hingga-pertunjukan-barongsai

callsurvey – Biasanya, Tahun Baru Imlek dirayakan bersama sejumlah formalitas unik seperti yu sheng, dukungan angpao, hingga pertunjukan Barongsai. Namun, banyak termasuk masyarakat yang merayakan Imlek bersama sembahyang di klenteng atau vihara.
Di samping perayaan yang unik, Imlek termasuk menyimpan sejumlah fakta-fakta menarik. Salah satunya adalah legenda makhluk buas yang tetap muncul di malam Tahun Baru Imlek.

Penasaran? mari simak fakta unik Imlek di bawah ini.

Legenda Nian

Perayaan Imlek seringkali dikaitkan bersama Nian, monster buas yang sanggup memakan ternak dan manusia. Mengutip China Highlight, Nian tetap muncul di malam Tahun Baru. Karena itulah, masyarakat bersembunyi di didalam tempat tinggal sehingga tidak disantap oleh Nian.
Suatu ketika, seorang kakek bijaksana jelas bahwa Nian cemas terhadap nada keras. Sejak selagi itu, masyarakat memasang petasan atau kembang api untuk menakuti monster Nian.

Shio Baru Setiap Tahun

Setiap Tahun Baru Imlek, bakal ada pergantian Shio yang Baru. Shio sendiri merupakan dua belas hewan yang mewakili tahun, bulan, dan jam tertentu didalam astrologi Tionghoa. Tahun 2021, Imlek memasuki th. Kerbau Logam.

Warna Merah

Perayaan Imlek sama juga bersama benda yang berwarna merah, menjadi berasal dari ornamen, pakaian, amplop angpao, dan lainnya. Ini karena warna merah dipercaya sanggup mendatangkan rezeki, kemakmuran, kebahagiaan, dan keberuntungan.

Pertunjukan Barongsai

Masyarakat Tionghoa bakal menggelar pertunjukan Barongsai di Hari Imlek. Barongsai sendiri merupakan tarian tradisional Tiongkok yang dijalankan bersama sarung berbentuk singa. Tarian ini dipercaya sanggup mengusir roh jahat yang mendatangkan nasib buruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *